Tutorial Ubuntu Virtual, Android, Windows, Mac OS X dan Education Shared for Better Lifes..

Tuesday, July 19, 2016

Pengertian Server, Spesifikasi, Sistem Operasi dan Fungsi Server

Pengertian Server, Spesifikasi, Sistem Operasi dan Fungsi Server



Pengertian Server, Spesifikasi, Sistem Operasi dan Fungsi Server, kenapa harus menggunakan sistem operasi server, tugas sistem operasi server, jenis komputer server, fungsi server dalam jaringan, harga komputer server, spesifikasi komputer server, pengertian komputer client, sistem operasi server adalah,Kata server bagi Seorang Administrasi Server atau Jaringan komputer mungkin sudah tidak asing. Dunia Server dari dulu sampai sekarang terus mengalami perubahan, dan terus merambah berbagai aspek.


Yang mulanya hanya digunakan sebagai sarana militer kini sudah merambah banyak sendi keseharian kita, mulai dari segi bisnis, keamanan, telekomunikasi, pendidikan, bahkan hiburan, server selalu menjadi bagian dari semua kegiatan itu
Secara harfiah server dapat diartikan sebagai pelayan dan yang menerima atau memanfaatkan layanan yang disediakan oleh server biasa disebut dengan Client.

Kata server sendiri dapat diartikan sebagai perangkat jaringan yang memberikan layanan terhadap pengguna dalam hal ini Client. Server melayani pengguna dengan handal dan harus bisa melakukanya setiap saat.

Atau bisa juga di artikan sebuah perangkat komputer yang memiliki resource atau spesifikasi yang tinggi yang ditugaskan sebagai pusat atau induk dalam sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk melayani komputer – komputer client yang terdapat pada jaringan komputer tersebut, baik hanya pada sebuah jaringan intranet maupun pada jaringan internet.

Tanpa kita sadari sebenarnya dalam keseharian kita, kita sudah sangat sering bersinggungan dengan server, menggunakan jasa server, dan menikmati layanan-layanan server.

Contoh paling simple saat anda melakukan pengisian pulsa handphone atau token listrik, semua skema mekanisme layanannya di lakukan oleh sebuah perangkat yang dinamakan server.

Bayangkan jika proses transaksi pengisian pulsa dilayani secara manual oleh seseorang layaknya seorang kasir dibuah supermarket, berapa banyak kasir yang diperlukan untuk melayani jutaan pelanggan yang melakuan proses pengisian pulas selama 7 hari seminggu 24 jam sehari secara realtime.

Server dengan didukung hardware serta softrware yang dipasang didalaam nya mampu melakukan itu semua, dengan sangat cepat, tepat dan efisien, dengan dukukungan jaringan yang  mumpuni tentunya.

Kalo kita bicara mengenai server, maka otomatis kita akan bicara mengenai client, tidak akan ada manfaatnya secanggih apapun sebuah perangkat server apabila tidak ada clint yang meminta atau membutuhkan layanan dari server tersebut, begitu juga sebaliknya.

Contoh sederhanya, Sebayak apapun orang yang ingin makan di sebuah warteg apabila tidak ada pelayan warteg yang melayani permnintaan kita, maka kita tidak akan bisa membeli makanan yang kita inginkan diwarteg tersebut, hehe..hehe.. kalo ada yang laper diluar tanggung jawab penulis.

Seperti dikatakan sebelumnya server dapat melakukan tugasnya sebagai pelayan dengan sangat cepat, tepat dan efisien dengan dukungan jaringan yang mumpuni, yang dimaksud dengan jaringan disini adalah jaringan komputer. Yang tentunya berhubungan dengan dunia computer dan teknologi.

Spesifikasi Komputer Server

Spesifikasi komputer server pada dasarnya tergantung kepada jenis komputer server yang akan digunakan dan fungsi dari komputer server itu sendiri. 
seperti yang telah dijelaskan diatas, antara jenis komputer server yang berfungsi sebagai database server pasti berbeda dengan spesifikasi komputer server yang berfungsi sebagai mail server, sehingga karena komputer server itu memiliki fungsi dan jenis yang berbeda-beda maka kita perlu meng-custom spesifikasi komputer server.
Agar sebuah komputer server dapat melayani semua kebutuhan dari fungsi server tersebut, berikut adalah beberapa komponen yang perlu di perhatikan dari sisi hardware dan software pada saat merencanakan sebuah spesifikasi komputer server :

A. Processor
Processor
disarankan menggunakan processor yang memang didesain untuk keperluan server seperti XEON dari intel atau SPARC karena processor tersebut didesain dengan memiliki dukungan lebih untuk L3 chache, ECC RAM, dan core yang lebih banyak pada processor.

B. RAM
RAM
pada komputer server disarankan menggunakan RAM ECC Memory sebab bisa menurunkan kinerja system sekitar 2 persen. untuk komputer server yang membutuhkan stabilitas tinggi bagusnya menggunkan RAM dengan Teknologi Error-correcting code atau ECC Memory. 
Karena RAM ECC Memory dilengkapi dengan fitur Register berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besar pada komputer server.

C. Storage atau media penyimpanan
Storage atau media penyimpanan
merupakan kebutuhan yang paling penting pada sebuah komputer server. fungsi yang paling utama dari sebuah komputer server adalah sebagai media penyimpanan data. sehingga untuk menunjang kebutuhan ini diperlukan spesifikasi yang khusus dari kompter server tersebut. 
Misalnya jumlah slot yang banyak untuk HDD dengan fitur hot-swap untuk hard disk tersebut, sehingga ketika terjadi masalah dapat terhindar dari data yang corrupt pada storage.

D. Konektivitas
Konektivitas
pada komputer server juga sangat penting karena akan terhubung dengan client (workstation) pada jaringan, sehingga sebuah komputer server harus memiliki berbagai jenis koneksi.

E. Kartu Grafis
Kartu Grafis
pada komputer server memang bukan komponen yang sangat penting, namun beberapa merk server tidak dilengkapi dengan fitur integrated graphics, sehingga kita harus menyiapkan kartu grafis secara terpisah, namun cukup menyediakan yang standard saja karena kebutuhannya bukan untuk menjalankan aplikasi grafis.

F. Power Supply
Power Supply
sebuah komputer server disarankan menggunakan yang memiliki fitur hot-swap redundant power supply.

G. Cooling System
Coolong System
pada Komputer server juga harus memiliki kualitas yang bagus dengan dilengkapi pendingin karena komputer server akan hidup dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.

H. Software
Software pada komputer server juga harus dipilih sesuai dengan fungsi dan jenis komputer server tersebut, software dari komputer server ini terdiri dari sistem operasi server dan aplikasi-aplikasi pendukung fungsi dari komputer server tersebut mulai dari mengendalikan aktivitas di jaringan seperti setting jaringan, menata traffic dan bandwidth, autentikasi user, mengelola akun, menjaga keamanan data, dan lain sebagainya.

System Operasi Server

Untuk menunjang kinerja dari sebuah Komputer Server maka dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus yang memang didesign untuk server, dibawah ini adalah beberapa contoh dari sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan.

1. Windows
Perusahaan Microsoft mempunyai beberapa produk yang memang dikususkan untuk sistem operasi server. beberapa contoh produknya adalah Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, WIndows 2008 server dan Windows Server 2013.


2. Novel Netware
Sistem operasi server Novel Netware merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Novel.Inc beberapa produknya adalah NetWare 286 2.x, NetWare 3.x, NetWare 4.x, NetWare 5.x, NetWare 6.0, NetWare 6.5 dan Open Enterprise Server.


3. Mac OS
Mac Os merupakan sebuah produk unggulan dari Apple.Inc. Apple sendiri juga mempunyai produk sistem operasi server, beberpa contoh dari produk dari Apple adalah Mac OS X Server 1.0 (Rhapsody), Mac OS X Server 10.0 (Cheetah Server), Mac OS X Server 10.1 (Puma Server), Mac OS X Server 10.2 (Jaguar Server), Mac OS X Server 10.3 (Panther Server), Mac OS X Server 10.4 (Tiger Server), Mac OS X Server 10.5 (Leopard Server), Mac OS X Server 10.6 (Snow Leopard Server), Mac OS X 10.7 (Lion Server), OS X 10.8 (Mountain Lion Server), OS X 10.9 (Mavericks Server) dan OS X 10.10 (Yosemite Server 4.0).


4. Linux
Produk Linux server sangat beragam, karena setiap pengembang menyediakan produk yang dikususkan untuk server, jadi disini hanya disebutkan pengembang dari sistem operasi berbasis Linux saja. beberapa contoh dari Distro Linux yang bisa sobat gunakan untuk server adalah Debian, Arch Linux, Fedora, OpenSUSE, Slackware, dan masih banyak lagi yang lain.


Jenis-Jenis Server

Berdasarkan fungsinya, komputer server dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, sebagai berikut:

1. Server Aplikasi
Server aplikasi adalah sebuah komputer server yang bertugas sebagai media penyimpanan aplikasi – aplikasi dimana aplikasi tersebut nantinya dapat diakses dari komputer client pada sebuah jaringan komputer. 

server aplikasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan – perusahaan/organisasi berskala besar dimana perusahaan tersebut setiap harinya mengolah data dalam jumlah bersar. Contoh dari penerapan sebuah server aplikasi adalah pada mall/super market, hotel, universitas dan lain lain.

2. Database Server
Database server adalah sebuah komputer server dengan sistem operasi server yang bertugas untuk menyediakan layanan pengelolaan basis data untuk komputer lainnya yang menerapkan sebuah model database berbasis client-server. untuk beberapa kegiatan database server biasa digunakan untuk analisis data, pengarsipan, penyimpanan data dan lain-lain. 

Dalam sebuah insfrastruktur jaringan beberapa perusahaan yang menerapkan sebuah sistem client-server membuat database server terpisah dari server aplikasi mereka, sebuah database management system terisntal seperti MS SQL Server, Oracle, MySQL, Firebird dan sebagainya.

3. Mail Server
Mail server atau yang sering disebut juga emial server adalah sebuah komputer server yang didedikasikan untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak mail server sehingga memungkinkan pengguna/user untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau email satu sama lain dalam suatu jaringan komputer melalui internet. 

Layanan ini menggunakan arsitekur client-server yang mana mail server bertindak sebagai Mail Transfer Agent (MTA) yang bekerja menampung dan mendistribusikan email pada suatu jaringan. 
Mail server bekerja menggunakan protocol SMTP (SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL), pop3 (post office protocol v3), Mail server menggunakan imap smtp untuk menampung dan mendistribusikan email. sedangkan pop3 dan imap agar pengguna/user dapat mengambil serta membaca email secara remote.

4. Web Server
Web Server atau dalam bahasa indonesia disebut server web adalah sebuah komputer server dengan perangkat lunak (software) yang berjalan dibawah sistem operasi server berfungsi untuk menerima permintaan (request) melalui protokol HTTP atau HTTPS berupa halaman web dari client, kemudian Web server mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya menggunakan format HTML (hypertext markup language).


5. File Server
File server adalah sebuah komputer server yang memberikan layanan untuk menyediakan penyimpanan data secara terpusat kemudian memberikan akses bersama kepada setiap komputer/workstation pada sebuah jaringan komputer. sebuah file server biasanya menggunakan server domain atau server workgroup sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan pengolahan file.


6. Proxy Server
Proxy server adalah sebuah komputer server yang berfungsi untuk menjembatani atau yang mempunyai peran sebagai penghubung setiap workstation yang terdapat pada jaringan lokal dengan jaringan internet. 

Pada istilah lainnya proxy server juga disebut sebagai gateway pada sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk mengendalikaan atau memonitor lalu-lintas paket data, disamping itu proxy server juga memiliki fitur untuk melakukan filtering sehingga bisa mengontrol terhadap akses lalu-lintas paket data pada sebuah jaringan komputer.

7. VPS Server
VPS (Virtual Private Server) adalah komputer server yang memungkinkan sebuah physical server yang berjalan dibawah sistem virtualisasi dibagi menjadi beberapa mesin virtual. 

Dalam teknologi virtualisasi server, sebuah server virtual dapat menjalankan sistem operasi sendiri seolah-olah menjadi sebuah server, sehingga sebuah virtual server dapat di reboot secara terpisah (tanpa harus mem-reboot server utama). resource server yang alokasikan dalam sebuah VPS antara lain, CPU Core, CPU Usage, RAM, dan storage.

8. Cloud Server
Cloud Server adalah sebuah teknologi komputer server terbaru saat ini yang memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” yang berfungsi sebagai penyimpanan (storage virtual) dan beberapa server lain (Host) dijadikan “satu” yang berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). 


Hampir sama dengan VPS, namun yang menjadi kelebihan cloud server adalah masing-masing server virtual dapat membentuk sebuah VLAN seperti halnya server-server yang terhubung pada jaringan LAN, 
namun setiap mesin virtual memiliki secure VLAN masing-masing sehingga tidak bisa saling memasuki dan infrastrukturnya terdiri dari beberapa server yang saling membackup sehingga memberikan kemudahan ketika ingin melakukan upgrade terhaadap resource server tersebut.


Baca Juga artikel terkait 
Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer
Pengertian, Sejarah dan Fungsi TCP/IP

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Server, Spesifikasi, Sistem Operasi dan Fungsi Server

0 komentar:

Post a Comment